Bupati Karimun Hadiri Pelantikan Pengurus Komcab Pemuda Katolik

Beritabatam.com-Karimun | Bupati Karimun, Aunur Rafiq menghadiri pelantikan pengurus Komisariat Cabang (Komcab) Pemuda Katolik Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau periode 2018-2021.

Pengurus Komcab Pemuda Katolik Kabupaten Karimun periode 2018-2021 dilantik oleh Ketua Umum Komda Pemuda Katolik Provinsi Kepri, Johanes SM Sitohang di Gedung Nasional jalan Yos Sudarso Tanjung Balai Karimun, Sabtu (9/2/2019).

Turut hadir lainnya Romo Moderator Komda Pemuda Katolik Provinsi Kepri, RD Norbertus Nuho Tukan, Pastur Moderator Komda Pemuda Katolik Provinsi Kepri, Laurensius Dihe Sanga, pengurua Komcab dan Komda Pemuda Katolik se-Provinsi Kepri.

Bupati mengatakan, pemuda adalah agen-agen perubahan untuk masa akan datang. Pemuda-pemudi memiliki peran yang tidak kecil, termasuk pemuda katolik yang ada di tanah air ini tentunya.

Lanjutnya, Komcab Pemuda Katolik Kabupaten Karimun merupakan aset bagi daerah berlandaskan azam ini.

Diharapkannya, semakin bertambahnya organisasi, menjadi kekuatan untuk bersama-sama membangun daerah ke arah yang lebih maju serta mensejahterakan masyarakat.

"Komcab Pemuda Katolik Kabupaten Karimun bukan sekedar organisasi euforia saja. Tapi secara internal dan eksternal sebagai organisasi yang mampu membawa suatu perubahan-perubahan kedepan, mampu membangun hubungan yang harmonis, mampu membangun rasa kebersamaan dan kekluargaan yang tinggi dalam menjaga toleransi antar umat beragama," pesan Rafiq.

"Karimun diibaratkan pelanggi. Jadikan warna-warni itu sebagai kekuatan untuk membangun daerah," kata Rafiq menambahkan.

Ketua Umum Komda Pemuda Katolik Provinsi Kepri, Johanes SM Sitohang menjelaskan, selain tugas utamanya melakukan sosial di masyarakat, organisasinya tersebut 'pencetak kader' yang untuk dipersembahkan ke negara, baik di bidang politik dan ekonomi.

"Pada intinya kita mau melahirkan kaum muda katolik yang berkualitas, untuk dipersembahkan ke negara," ucapnya.

Ia mengharapkan kepada Bupati Karimun, untuk melibatkan pemuda katolik di daerahnya agar bisa mengkaryakan dirinya, sehingga berperan aktif dan memberikan kontribusi.

"Wadah ini tempat untuk mempertajam, mengasah, belajar bersama bagaiamana menempatkan diri ditengah-tengah masyarakat yang majemuk. Disaat terpilih menjadi ketua komda kepri, saya katakan pemuda katolik adalah ribun (lahir kembali). Maka dari itu, semangat yang sudah tertanam dibuktikan dengan kerja-kerja nyata," tuturnya.

Sementara itu Ketua KONI Karimun, Syamsul mengharapkan, Komcab Pemuda Katolik Kabupaten Karimun menjadi sebagai energi baru bagi OKP yang di Kabupaten Karimun.

"OKP secara nasional jumlahnya hampir 150. Sedangkan di Kabupaten Karimun, OKP nasional yang betul-betul aktif sekitar 20, salah satunta Komcab Pemuda Katolik Karimun," ucapnya.

Ia mengharapkan, Komcab Pemuda Katolik Karimun dengan organisasi lainnya bersama-sama bergandengan tangan membangun Kabupaten Karimun dalam rangka menuju generasi emas.

"Jaga kebersamaan, hubungan, toleransi dalam menciptakan daerah yang aman, nyaman, damai serta kondusif. Pemkab Karimun juga diminta memberikan perhatian penuh terhadap organisasi yang ada," pintanya dan juga berharap.

Adapun terpilih sebagai ketua, Vandarones Purba, wakil ketua 1, Emestus Ben Tanggo, wakil ketua 2,  Clementina Kona. Sebagai sekretaris, Yordanus Tous, bendahara, Maria.

Komcab Pemuda Katolik Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan periode 2018-2021 memiliki 8 bidang, lembaga advokasi hukum dan pendampingan HAM serta lembaga pemberdayaan, kaderisasi dan diklat. ( Dian )
Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.