Gubernur Kepri Resmikan Kawasani Edu Ekologi Kampong Teripang Di Teluk Bakau Bintan

KEPRI | Gubernur Kepri H Nurdin Basirun meresmikan Kawasan Edu Ekologi Wisata Bahari Kampong Teripang yang berlokasi di Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Sabtu (27/4). Peresmian sendiri di tandai dengan penandatanganan prasasti. Sempena peresmian tersebut digelar pula Festival Kuliner Hidrolisat Protein Ikan 2019.

Menurut Nurdin, keberadaan Kampong Teripang merupakan salah satu inovasi baru yang dapat melahirkan banyak manfaat besar, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, potensi pariwisata serta ikon baru bagi daerah dan yang paling penting adalah menciptakan generasi yang sehat dan cerdas dengan gemar mengonsumsi ikan.

“Kita harap semangat dan spirit yang tengah tinggi saat ini dapat terus berkobar sehingga semakin banyak lagi inovasi dalam membangun daerah, menjadi kebanggaan Kepri,” ujar Nurdin.

Terlebih Kepri yang sebagian besar wilayahnya adalah laut yang menurut Nurdin tentu potensi kemaritiman yang besar harus dimanfaatkan dengan maksimal.

“Maka pemerintah mendukung penuh setiap terobosan yang akan dilakukan dalam menggali potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” lanjutnya.

Sementara itu, Staf Ahli Menko Kemaritiman RI Bidang Sosio Antropologi Tukul Rameyo mengatakan kehadiran pihaknya merupakan bentuk koordinasi, memantau dan mengalokasikan perihal perkembangan kemaritiman secara nasional.

“Salah satunya adalah upaya percepatan pembangunan di bidang kemaritiman,” kata Tukul.

Dalam rangka percepatan tersebut, Tukul mengaku bangga berada di Kepri, terlebih pesan khusus dari Presiden untuk berupaya mengentaskan kemiskinan dan pembangunan generasi muda (pencegahan Stunting).

“Presiden mengkoordinir agar bagaimana salah satu peningkatan dibidang sumber daya manusia, salah satu solusinya adalah memberdayakan sumber perikanan dan kelautan salah satunya Teripang,” lanjutnya.

Untuk itu, Kemenko Kemaritiman dikatakan Tukul mempunyai salah satu tugas untuk mempromosikan Teripang dan sumber daya ikan lainnya.

“Inovasi ini harus terus kita lakukan agar pengembangannya dapat menyebar merata diseluruh daerah,” tambahnya lagi.

Peresmian sendiri disejalankan pula dengan penandatangan MoU antara PT. Aruna Indsutri Bintan dengan PT. Kimia Farma, Tbk yang disaksikan langsung oleh Gubernur Nurdin.

Selain itu, diresmikan pula gedung Produksi Protein Ikan dan Kolagen Teripang yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Gubernur Nurdin.

Hadir pada kesempatan tersebut Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI Victoria Br Simanungkalit, Plt. Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian RI Abdul Rohim, GM PT. Kimia Farma, Tbk Wisnu Sucahyo Eko, Dirut PT. Aruna Indsutri Bintan Yoggie Arry, Perwakilan FKPD, Kepala OPD beserta tamu undangan lainnya.(ald)
Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.