Walikota Batam Rudi Safari Ramadhan Perdana di Kecamatan Galang

BATAM | Walikota Batam, Muhammad Rudi beserta rombongan melakukan safari ramadhan di Masjid Jami’ Baiturrahman Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Selasa (7/5). Ini merupakan safari ramadhan perdana rombongan Pemerintah Kota (Pemko) di hari ke-2 puasa. Selain mendengarkan langsung masukan dari masyarakat Galang, Rudi juga menyerahkan bantuan untuk sembilan masjid yang tersebar di kelurahan se Kecamatan Galang. Setiap masjid menerima bantuan dari Pemko Batam melalui Bagian Kesra Setdako sebesar Rp50 juta.
Perwakilan masyarakat Kelurahan Sijantung, H. Azhar mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemko Batam. Diakuinya kondisi Masjid Jami’ Baiturahman sudah cukup tua, 19 tahun dan masih terdapat banyak kekurangan.
“Dulu masjid kami ini terbuat dari papan. Dibandingkan dengan kondisi dulu, sekarang ini kondisinya jauh lebih baik. Kami masyarakat di Kelurahan Sijantung ingin memperindah masjid ini,” sebutnya.
Selain kondisi fisik yang masih banyak kekurangan, begitupun dengan air karena di Sijantung tidak memiliki sumber air. “Kami membeli untuk satu drumnya Rp10 ribu. Mengingat letak masjid yang berada ditengah-tengah pemukiman dan sekolah maka cukup banyak air yang kami butuhkan,” ujarnya lagi.
Atas kesediaan Walikota beserta rombongan yang melakukan safari ramadhan perdana di Kelurahan Sijantung, mewakili warga Azhar menyampaikan ucapan terimakasihnya. “Satu kebanggaan bagi kami karena Pak wali beserta rombongan melakukan safari ramadhan di masjid kami. Kami mengucap syukur begitupun atas bantuan yang bapak berikan,” tutupnya.
Selanjutnya tokoh masyarakat dari Pulau Abang, Effendi, memyampaikan ucapan terimakasih atas pembangunan infrastruktur melalui program percepatan infrastruktur kelurahan (PIK) khususnya di Pulau Abang. Harapannya program PIK dapat dipertahankan dan ditingkatkan oleh Pemko Batam.
“Tahun ini kami sangat banyak dapat pembangunan, jalan dan jerambah.Jerambah ini sangat kami butuhkan karena masyarakat di sini berada di tepi pantai,” ungkapnya.
Azman mewakili masyarakat Kelurahan Galang Baru, mengungkapkan selama tiga tahun memimpin pembangunan di Galang Baru luar biasa. Pembangunan infrastruktur melalui program PIK menurutnya sangat tepat sasaran karena sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat terutama di kawasan hinterland.
“Harapan kami Pemko Batam dapat melebarkan jalan Kampung Baru dari dua meter menjadi empat meter. Saat ini kondisi jalan sempit sementara banyak truk yang mengangkut arang keluar masuk,” pintanya.
Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan safari ramadhan Pemko Batam di kecamatan Galang merupakan safari ramadhan pertama. Menanggapi sumber air di Kecamatan Galang, Rudi mengatakan bahwa Pemerintah saat ini tengah membangun Sei Gong. Katanya, jika Sei Gong sudah beroperasi maka keperluan air masyarakat Kecamatan Rempang dan Galang akan disuplai dari Sei Gong.
Rudi juga menjelaskan pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemko Batam saat ini. Terkait pembangunan infrastruktur jalan menurutnya bertujuan untuk mempercantik Batam sehingga orang tertarik datang berkunjung ke Batam.
“Batam ini akan kita jadikan sebagai kota wisata. Orang datang ke Batam, uang yang masuk akan menjadi PAD bagi Pemko Batam sehingga pembangunan Batam bisa sampai ke sini. Kalau tidak bagaimana kita membangun masjid di Pulau Panjang di Sembulang,” papar Rudi.
Rudi juga mengimbau agar warga Galang yang membangun rumah dintepi jalan tidak membangun di atas ROW 200. Jika ditemukan maka akan dibongkar oleh Pemko Batam.
Sembilan masjid yang menerima bantuan dari Pemko Batam Jami’ Baiturahman Kelurahan Sijantung, Masjid Nurul Qomar Air Naga Pulau Panjang, Masjid Al fajar Pulau Panjang, Masjid Al Ikhlas Sungai Buluh, Masjid Nur Hidayah Dapur 6, Masjid Al Ikhsan Tanjung Banun, Masjid Jami’ Munzalam Mubaroqah Kampung Baru, Masjid Al Falah desa Air Saga dan Masjid Al Fatah Kecamatan Galang.(HP)

Sumber : Humas
Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.