13 Wartawan Media Online Ini di Nyatakan Kompeten Oleh Lembaga Penguji UPN Veteran Yogyakarta

Peserta UKW dan Penguji Foto bersama usai acara 
BATAM | Sebanyak 13 jurnalis media online di Kepri dinyatakan kompeten, usai mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Yogyakarta bekerjasama dengan Independennews Group di OS Style Hotel, Sagulung, 27-29 September 2019.


Pembina Pra UKW Saibansah Dardani dalam laporan penutupan mengatakan jumlah peserta UKW yang terdaftar sebelumnya 20 orang, namun 6 orang mengundurkan diri dengan berbagai alasan. “Setelah proses UKW selama 3 hari, jumlah peserta yang lulus berjumlah 13 orang. Berarti hingga kini alumni UKW UPN Veteran sudah ada 343 orang,” katanya.
Pada kesempatan yang sama, Ahmad Taher, perwakilan peserta UKW mengucapkan terima kasih kepada Tim Penguji UPN Veteran. Taher yang ikut ujian UKW Madya mengakui bahwa selama tiga hari menjalani ujian mengalami sindrom tidur makan dan berpikir tak enak.
“Perjalanan yang sangat tegang selama 3 hari ini, luar biasa,” aku Taher di hadapan seluruh peserta UKW dan penguji.
Gusmanedy Sibagariang selaku Ketua Panitia juga mengaku bangga kepada peserta yang berhasil menyelesaikan 10 modul mata uji dengan hasil yang memuaskan. “Selamat buat peserta UKW yang dinyatakan kompeten, semoga kedepannya rekan-rekan menjadi wartawan handal dan profesional,” tutur pria yang terpaksa menjual emas istrinya demi terlaksananya kegiatan UKW ini.
Hal senada juga disampaikan Susilastuti, Direktur Lembaga Penguji Wartawan Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Yogyakarta. “Kalian sekarang sudah bagian dari keluarga alumni UKW UPN Yogyakarta. Gunakan teori dan ilmu yang kalian dapat untuk menjalankan kerja jurnalistik,” demikian Susi menyampaikan nasihatnya.
Susi mengungkapkan dari 27 lembaga uji yang terdaftar di Dewan Pers, hanya 17 yang aktif melakukan kegiatan UKW termasuk UPN Veteran. Keistimewaan UKW UPN dibandingkan dengan lembaga lain adalah pengawasan secara kontiniu terhadap para alumni.
“Kita akan terus berhubungan karena nantinya seluruh peserta UKW yang sudah lulus akan masuk dalam grup. Dalam grup tersebut kita akan terus berkomunikasi dan memantau perkembangan dari setiap alumni” pungkas Susi, seraya menutup pelaksanaan UKW UPN Veteran ke 14.
Turut hadir dalam acara penutupan ini para penguji di antaranya Agung Prabowo, Arif Wibawa, M. Fauzi serta perwakilan Pengusaha Pers Online Kepri, Ahmad Fahmi Rangkuti.

Berikut Nama Wartawan yang lulus UKW dan Medianya :
1. Arifin Efendi ( Beritabatam.com )
2. Andri Kristianto ( Batamlink.com)
3. Ismail Siregar ( Kwarta5.com )
4. Efendi ( Batamxinwen.com)
5. Jerry Fernandes ( Penakaltara.com)
6. Riki Mora ( Independennews.com)
7. Gopok Sibagariang ( independennews.com)
8. Sahat Sibagariang ( Simakkepri.com )
9. Agus Susanto Simatupang ( Independennews.com)
10. Lukman Simanjuntak ( Independennews.com )
11. Very Jentar simatupang (Independennews.com )
12. Ahmad Taher ( Kepriupdate.com )
13. Nixon Simanjuntak (telisiknews.com)
(007)
Share: