Luar Biasa ! Gedung DPRD Kota Batam Masih Pakai AC Tahun 2015

AC VRF dan AC Cassette di DPRD Kota Batam, terbengkalai dari 2015
BATAM | Rapat Paripurna APBD-P Juli 2016 lalu, Walikota Batam M. Rudi menyampaikan bahwa pemasukan kota Batam turun 6,65%.  Pada Agustus 2019, APBD-P Pemko Batam defisit Rp 145 Milliar. Mungkin prihatin dengan keadaan ini, meskipun baru di lantik ternyata tidak serta merta peralatan di Gedung DPRD Kota Batam berganti baru. 

Salah satunya adalah AC ( Air Conditioner ) ataupun pendingin ruangan. Para Anggota DPRD Kota Batam periode 2019 - 2024 tampaknya tidak rewel dan meminta pergantian fasilitas AC di Gedung DPRD Kota Batam sebagaimana yang terjadi pada tahun 2015.

"Ya Mas, belum ada, cuma ada permintaan untuk perbaikan kunci laci meja, kunci lemari, kalau terkait AC, itu sudah ada penggantian tahun 2015 yang lalu" demikian Pak Rukun, Kabag Umum Sekretariat DPRD Kota Batam menjawab beritabatam.com.

Saat ini, setidaknya ada 9 unit AC dari jenis AC VRF outdoor dan puluhan jenis AC Cassette yang teronggok di halaman luar gedung DPRD Kota Batam.  Menurut Rukun AC AC ini sudah dari tahun 2015 dan dahulunya di simpan di teras. Karena ada pekerjaan mengecat teras, maka AC AC ini dipindahkan tempatnya. Tidak di gudang, tetapi di halaman belakang kantor DPRD Kota Batam. 

Usulan Penghapusan Barang Milik Dearah bukan tidak pernah di lakukan. Menurut Rukun pada tahun 2014 pernah dilakukan usulan penghapusan. " pernah dulu kita mengajukan penghapusan tahun 2014 tapi sampaisekarang belum terbit SK nya, jadi kita belum usulkan lagi penghapuaan barang" demikian Rukun menjawab beritabatam.com.

Mengacu kepada Peraturan Mendagri No 19 tahun 2016 mengenai pengelolaan Barang Milik Daerah dalam pasal penghapusan karena sebab lain, jelas menyatakan bah penghapusan Barang Milik Daerah akibat sebab lain harus menyerta pernyataan apabila di kemudian hari ditemukan bukti bahwa penghapusan barang milik daerah dimaksud diakibatkan adanya unsur kelalaian dan/atau kesengajaan dari Pejabat yang menggunakan/penanggung jawab barang milik daerah/Pengurus Barang tersebut, maka tidak menutup kemungkinan kepada yang bersangkutan akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Harga AC dari Jenis VRF sendiri bervariasi. Tapi umumnya tergantung merk dan rata rata berkisar di angka ratusan juta. Sebagai contoh, salah sebuah laman website merk AC D, membandrol AC jenis VRF Outdoornya dengan harga Rp 122. 750.000. AC Cassette besutan Pabrik D sendiri dibandrol dengan harga paling murah Rp 13.410.000 ( Tiga Belas Juta Empat Ratus Sepuluh ribu rupiah ). ( 007 )
Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.