BMKG Karimun Ingatkan untuk Waspada dengan Cuaca Buruk hingga Awal April


BMKG Karimun Ingatkan untuk Waspada dengan Cuaca Buruk hingga Awal April


Karimun - Beritabatam.com - Cuaca buruk yang terjadi di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau diprediksi akan terjadi hingga dua bulan kedepan. Hal tersebut disampaikan langsung Raden Eko Sarjono selaku Kepala Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Karimun.

“Cuaca buruk seperti angin kencang, gelombang tinggi, dan hujan yang terjadi akhir-akhir ini diprediksi akan terjadi hingga awal bulan april tahun 2020” ujar Raden Eko Sarjono saat dihubungi Kabarbatam.com via telepon, Selasa (25/2/2020) malam.

Raden Eko menjelaskan cuaca buruk khususnya angin kencang yang paling dominan di Kabupaten Karimun saat ini terjadi akibat Angin “Muson Asia”.

“Cuaca buruk di Kabupaten Karimun yang terjadi akhir-akhir ini disebabkan karna Angin Utara atau Muson Asia yaitu angin yang berhembus secara periodik (minimal tiga bulan) dari Benua Asia menuju Benua Australia dan antara periode yang satu dengan yang lain polanya akan berlawanan dan berganti arah secara berlawanan setiap setengah tahun” jelasnya

Ia mengungkapkan bahwa banyak daerah di Indonesia yang terkena dampak Angin Muson Asia tersebut.

“Dampak angin Muson Asia ialah di sebagian besar wilayah di indonesia seperti di Selatan Khatulistiwa diantaranya Pulau Jawa, Pulau Bali hingga Pulau Nusa Tenggara, akan terjadi cuaca buruk seperti Angin Kencang, Gelombang Tinggi dan Hujan, Terkhusus untuk kita di wilayah Kabupaten Karimun yang dominan adalah Angin Kencang yang luar biasa untuk saat ini” ungkapnya

Kepala BMKG Karimun mengatakan masuk awal bulan maret tahun ini, intensitas hujan di Kabupaten Karimun akan meningkat.

“Saat ini di Kabupaten Karimun hujan sudah ada namun intensitasnya ringan, cuaca buruk ini akan terjadi hingga awal bulan april, dan masuk awal maret nanti diprediksi intentistas curah hujan akan meningkat karna awan konvektif di Karimun sudah mulai nampak dan sudah sangat signifikan” kata raden eko.

Terakhir, menanggapi cuaca buruk yang telah mengakibatkan Kapal Nelayan tenggelam di Perairan Kecamatan Durai, Kabupaten Karimun, Raden Eko mengimbau kepada masyarakat terkhusus nelayan untuk terus mengikuti informasi terbaru mengenai cuaca di BMKG Karimun.

“Saya himbau untuk masyarakat terkhusus nelayan yang beraktifitas di laut untuk waspada dan terus ikuti informasi terbaru terkait cuaca dari BMKG Karimun karena angin kencang terjadi mulai sejak sore hingga tengah malam”

“Dan juga kepada masyarakat yang beraktifitas di darat untuk tetap waspada juga karna angin kencang bisa menumbangkan pohon-pohon tua, dan merusak bangunan yang sudah tua” pungkasnya

Berikut nomor handphone dan sosial media yang bisa dihubungi untuk informasi terbaru dari BMKG Kabupaten Karimun.

Via telepon atau whatsapp : 0812-7595 – 4279
Facebook : Bmkg Tanjung Balai Karimun
Instagram : @bmkg.tanjungbalaikarimun
Twitter : @bmkgkarimun

Sumber: Kabar Batam.com
Editor: Ramadhan
Share: