Polres Tanjungpinang Sosialisasikan Konsep Hidup Sehat




Polres Tanjungpinang Sosialisasikan Konsep Hidup Sehat
Polres Tanjungpinang menggelar Sosialisasi Konsep Hidup Sehat 


Tanjungpinang - Beritabatam.com - Kesehatan merupakan salah satu hal yang utama yang harus selalu kita jaga. Hidup menjadi tidak berarti bila kita menjalaninya dengan keadaan yang tidak sehat / sakit. Menyadari pentingnya kesehatan bagi kehidupan, Polres Tanjungpinang menggelar Sosialisasi Konsep Hidup Sehat yang dilaksanakan di Rupatama Polres Tanjungpinang, Jumat (13/3/2020).

Sosialisasi yang digelar dihadiri Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si bersama Pejabat Utama yang diikuti Perwira, Personel dan PNS Polres Tanjungpinang serta Bhayangkari Cabang Tanjungpinang dipimpin Ketua Bhayangkari Ny. Karina Iqbal.

Sosialisasi juga menghadirkan utusan dari Dinas Kesehatan Prov. Kepri Hj. Mardianti, S.E., MAP dan Rahimah Azmi Dalimunte bekerjasama dengan Urkes Polres Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Kapolres Tanjungpinang menyampaikan:

• Saat ini menjadi perhatian dunia internasional akan wabah virus Corona yang berdampak buruk bagi kesehatan dan sangat membahayakan. Terlebih belum ditemukannya vaksin yang dapat mengatasi virus tersebut. Kita patut syukuri di Kota Tanjungpinang belum ditemukan indikasi adanya warga masyarakat yang terinfeksi walaupun ada beberapa orang yang diduga suspek namun sampai saat ini belum ada tanda terjangkit infeksi virus Corona.

• Menyikapi hal tersebut kita dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, makan yang teratur dan rutin melakukan cek kesehatan.

Ketua Bhayangkari Ny. Karina Iqbal juga menghimbau kepada Bhayangkari agar selalu memperhatikan kualitas kebersihan dan kesehatan keluarganya, baik suami yang kesehariannya bertugas untuk melayani masyarakat yang mengharuskan untuk selalu berinteraksi dengan masyarakat. Juga memperhatikan anak-anak terutama usia TK dan SD yang belum terlalu memahami arti kebersihan sehingga dalam pergaulannya tidak terlalu mempedulikan apakah objek yang menjadi sarana permainannya itu bersih atau tidak.

Kegiatan pun diisi dengan sosialisasi dan pengarahan dari Dinas Kesehatan Prov. Kepri Hj. Mardianti, SE, M.AP yaitu penerapan pola dan gaya hidup sehat dengan menjaga kondisi tubuh, menjaga makanan yang seimbang dengan mengkonsumsi Sayur dan buah, melakukan aktivitas fisik berupa kegiatan olahraga, menjaga lingkungan yang bersih, tidak merokok dan rutin cek kesehatan secara berkala yaitu minimal 6 bulan sekali sehingga dapat mengantisipasi gejala penyakit yang ada. Pemerintah juga telah menjalankan program Pradigma Sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) sesuai dengan Inpres No. 1 Tahun 2017. Terdapat juga program sanitasi yang berbasis kebijakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Kementerian Kesehatan.

Menerapkan pemberdayaan masyarakat dengan metode :

1). Memperkuat budaya perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat

2). Mencegah penyakit berbasis lingkungan

Untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak terjangkit Covid-19 supaya meningkatkan imunitas tubuh dengan menjaga asupan makanan dengan gizi seimbang dan sering melakukan cuci tangan pakai sabun.

Terkait apabila mengetahui adanya indikasi seseorang di sekitar kita yang terinfeksi Virus Corona, maka warga dapat menginformasikannya melalui Call centre pusat : 082112123119 dan call Centre Provinsi Kepri : 081378790002.

Sumber: Humas Polres Tanjungpinang
Editor: Ramadhan
Share: