Ini Harapan Camat Bukit Batu saat Meresmikan Kantor Badan Usaha Milik Desa Mekar Jaya


Ini Harapan Camat Bukit Batu saat Meresmikan Kantor Badan Usaha Milik Desa Mekar Jaya
Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, saat melakukan pengguntingan pita peresmian Kantor Bumdes Mekar Jaya
BENGKALIS - Beritabatam.com - Camat Bukit Batu, Taufik Hidayat resmikan Kantor Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mekar Jaya Desa Pakning Asal, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Selasa, 12 Mei 2020.

Peresmian kantor yang bertempat di area Water Treatment Plant (WTP) PT. Pertamina (Persero) RU II Sungai Pakning tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Pakning Asal Jaswir, Managemen PT. Pertamina (Persero) RU II Sungai Pakning, Pendamping Desa (PD) Bidang Ekonomi Raja Savika Rezki, Pengawas Bumdes Rafika dan Pengurus Bumdes Mekar Jaya serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Taufik Hidayat menyampaikan, dengan peresmian kantor ini, diharapkan Pengurus Bumdes Mekar Jaya bisa lebih bersemangat dalam berusaha sehingga bisa berkembang dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Pakning Asal.

"Diantaranya menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan Pendapatan Asli Desa sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat," terang Taufik.

Dikatakan lagi oleh Taufik, apapun kegiatan nantinya, jika usahanya semakin banyak dan berkembang, maka keuntungan akan menjadi lebih besar lagi. Namun, untuk melaksanakan kegiatan tersebut, tentunya harus melalui proses, tidak bisa instan.

"Jadi harus dengan usaha yang gigih dari pengelola dan semua elemen yang ada dalam struktur kepengurusan. Lalu, yang lebih penting lagi, Pendamping Desa (PD) Bidang Ekonomi harus bisa melakukan pendampingan dengan baik, terutama dalam hal manajemen keuangan," kata mantan Sekcam Bantan ini.

Selanjutnya, Taufik mengatakan, dalam hal pengelolaan keuangan untuk Bumdes harus dilakukan pendampingan yang baik, usaha-usaha yang dilakukan harus sesuai dengan mekanisme dan aturan yang ada. Pengelolaan keuangan juga harus transparan, jangan ada yang ditutup-tutupi. Pendamping Desa juga harus memberikan semangat dan gagasan-gagasan sehingga Bumdes bisa lebih berkembang, ujar Taufik menegaskan.

Sementara itu, Kepala Desa Pakning Asal, Jaswir mengatakan, semoga Bumdes Mekar Jaya bisa berjalan dengan baik dan bisa lebih maju lagi. Sehingga benar-benar bisa menambah Pendapatan Asli Desa Pakning Asal ke depannya.

"Ucapan terima kasih kami kepada managemen PT. Pertamina (Persero) RU II Sungai Pakning atas kerja samanya dengan memberikan fasilitas untuk kantor maupun membantu dana dalam kegiatan Produksi Serai Wangi di Bumdes Mekar Jaya ini," kata Jaswir.

Tentunya dalam kesempatan ini, Jaswir juga mengatakan, pihak Pemerintah Desa Pakning Asal memberi apresiasi kepada direktur Bumdes yang baru beserta jajarannya. Diharapkan agar dapat bersungguh-sungguh dalam berupaya memajukan Bumdes ini.

"15 tahun yang akan datang, ketika usaha ini berkembang, kami sangat yakin bisa menghasilkan PAD di atas 1 miliar. Sehingga ketika PAD kita sudah besar, tentu tidak ragu lagi ketika ada dana perimbangan dari Pemerintah," ungkap Jaswir menerangkan.

Selanjutnya, Jaswir yang juga Komisaris Bumdes ini mengharapkan, semua pengurus Bumdes, tidak terkecuali direktur, harus mempunyai jiwa sosial, semangat dan punya gagasan pemikiran yang bisa memajukan usaha Bumdes Mekar Jaya untuk ke depannya, ujar Jaswir mengakhiri. (Juny/MK)

Editor: Ramadhan
Share:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar