Menjadi Inisiator, Kapolsek Siak Kecil Sosialisasikan New Normal


Menjadi Inisiator, Kapolsek Siak Kecil Sosialisasikan New Normal
Menjadi Inisiator, Kapolsek Siak Kecil Sosialisasikan New Normal
BENGKALIS - Beritabatam.com |  Kapolsek Iptu Sunaryo, SH. MH menjadi inisiator pelaksanaan sosialisasi tentang New Normal di Kecamatan Siak Kecil.

Pelaksanaan Sosialisasi tersebut, dilakukan di lapangan upacara Polsek Siak Kecil, Rabu, 03 Juni 2020.

Dalam sambutannya, Sunaryo mengatakan bahwa New Normal bukanlah normal biasa seperti sebelum pandemi Covid-19. New Normal merupakan tatanan normal baru bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Masyarakat diberi kelonggaran untuk kembali beraktifitas. Akan tetapi, Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 tetap diberlakukan.

"Kita harus selalu waspada. Jangan lengah. Tetap terapkan pola hidup sehat. Gunakan masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan pakai sabun, jaga jarak saat berinteraksi dan hindari kerumunan," ujar Sunaryo mengingatkan.

Selanjutnya Sunaryo mengatakan bahwa ia bangga bisa bertugas di wilayah hukum Kecamatan Siak Kecil karena masyarakatnya masih peduli dan mau mendengarkan imbauan dari Pemerintah Kecamatan maupun dari rekan-rekan TNI dan Polri.

Dikatakan Sunaryo lagi, Kecamatan Siak Kecil menjadi salah satu dari 11 kecamatan di Kabupaten Bengkalis yang berhasil melaksanakan isolasi mandiri dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Walaupun ada kendala dalam implementasinya, namun secara keseluruhan bisa dikatakan berhasil.

"Terima kasih saya ucapkan untuk semua aparat Pemerintahan Kecamatan Siak Kecil, mulai dari Camat sampai kepala desa serta relawan dan seluruh masyarakat. Karena keberhasilan tersebut, hanya 1% sumbangan dari pihak Polsek sementara 99% nya merupakan sumbangan dari semua pihak," ujar Sunaryo terharu.

Selanjutnya, dalam acara yang dipandu oleh putri sulung serta diselingi nyanyian lagu yang dilantunkan oleh putri kedua Kapolsek tersebut, Sunaryo mengatakan bahwa jangan karena PSBB sudah berakhir dan kita sedang menuju fase New Normal, semangat kita dalam mengatasi Covid-19 ini menjadi berkurang apalagi sampai pupus.

Meski acara ini dilaksanakan di lapangan upacara, yang berlantaikan tanah dan beratapkan langit serta dalam cuaca panas yang cukup terik, namun semangat harus tetap berkobar," ujar Aryo penuh semangat.

"Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepada mu tapi, tanyakan apa yang akan kamu berikan kepada negara mu," ujar Kapolsek mengutip filosofi mantan Presiden Amerika Serikat Jhon F Kennedy untuk memberikan semangat kepada seluruh peserta sosialisasi.

Maka dari itu, lanjut orator ulung yang terkenal tegas ini, diharapkan kepada semua kepala desa, agar dapat melanjutkan sosialisasi seperti ini kepada masyarakatnya karena banyak masyarakat yang beranggapan bahwa New Normal berarti sudah bebas dari pandemi Covid-19. Sehingga bisa berbuat sesuka hati dan semaunya.

"Berikan edukasi kepada masyarakat tentang fase New Normal ini. Sampai mereka paham. Jangan bosan. Itu sudah menjadi tanggung jawab moril kepala desa,” ujar Sunaryo menegaskan.

Maka dari itu, Sunaryo meminta kepada Ka.UPT Puskesmas yang ada di Kecamatan Siak Kecil untuk ikut serta berperan aktif melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait fase New Normal ini di UPT Puskesmasnya masing-masing.

"Hadirkan relawan-relawan Covid-19 yang ada di setiap desa yang berani dan sanggup bertungkus lumus minimal 7 orang setiap desanya. Termasuk kepala desa, sekdes dan Ketua BPD. Namun, jangan lupa libatkan pula Bhabinkamtibmas, Babinsa, Satpol PP dan bidan desa. Segera tentukan jadwalnya, lalu laksanakan," ujar Sunaryo tegas.

Turut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan tanpa anggaran dari pemerintah tersebut, Camat Siak Kecil M. Fadlul Wajdi, Ka. UPT Puskesmas Lubuk Muda Tursini, beserta jajarannya; Ka.UPT Puskesmas Sadar Jaya dr. Rolas James Simanullang beserta jajarannya, Ka. KUA Kecamatan Siak Kecil Sugeng Widodo, Ketua MUI Kecamatan Siak Kecil Ali Fahrudin, Personil TNI dari Koramil 07 Bukit Batu, personil Satpol PP Kecamatan Siak Kecil, personil Polsek Siak Kecil serta seluruh kepala desa dan undangan lainnya. (Een)

Editor: Ramadhan
Share:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar