Siapakah Diantara Anies Baswedan, Kang Emil dan Risma yang Disukai Publik?

Siapakah Diantara Anies Baswedan, Kang Emil dan Risma yang Disukai Publik?
Direktur KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo 
JAKARTA   Beritabatam.com |  Lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) merilis survei tokoh nasional yang memiliki tingkat kesukaan publik. 

Nama eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Gubernur DKI Anies Baswedan menempati dua posisi teratas.

Direktur KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo menyampaikan sejumlah nama didapatkan melalui Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dengan perwakilan dari setiap provinsi secara daring dan sebelum survei dilakukan.

"Menjaring nama via FGD juga untuk menajamkan isu yang akan ditanyakan kepada responden," ujar Kunto dalam keterangan secara virtual yang dikutip pada Sabtu (20/6/2020).

Responden dipilih secara representatif sesuai proporsi pemilih di setiap provinsi merujuk daftar pemilih tetap atau DPT 2019.

Ia bilang survei ini secara umum menggambarkan tingkat kesukaan publik terhadap para tokoh alternatif Indonesia.

Merujuk survei ini, ada riset terkait tokoh-tokoh politisi nasional yang memiliki persepsi baik di hadapan publik Indonesia. Selain itu, sejumlah tokoh tersebut memiliki potensi untuk berkontestasi dalam pertarungan politik Indonesia ke depan.

Dari hasil survei, diketahui ada tingkat kesukaan publik yaitu Susi Pudjiastuti (24,6%), Anies Baswedan (20,1%), Ridwan Kamil (15,4%), Tri Rismaharini (14,7%), Sri Mulyani (10,1%), Andi Amran Sulaiman (8,7%), Khofifah Indar Parawansa (4,1%), dan Rizal Ramli (2,3%).

Kunto menjelaskan hal menarik dalam survei yaitu tingginya tingkat kesukaan publik terhadap Susi Pudjiastuti yang notabene eks Menteri Kelautan dan Perikanan pemerintahan Jokowi sebelumnya.

"Susi dinilai publik dengan persepsi sebagai figur yang berani (21,3%). Meski Susi memiliki kekurangan karena faktor pendidikannya yang tak formal (2,9%)," ujarnya.

Kunto menambahkan, ada sosok kejutan yang juga eks menteri Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi di periode sebelumnya yaitu Amran Sulaiman. Mantan Menteri Pertanian itu dinilai punya kinerja yang baik meski kurang dikenal.

"Amran menjadi tokoh yang mewakili Indonesia Timur. Andi dipersepsikan publik memiliki kinerja baik walaupun dirinya kurang dikenal (2,4%)," tutur Kunto.

Pun, peneliti senior KedaiKOPI, Justito Adiprasetio, menjelaskan terkait keberadaan Anies Baswedan dalam survei. Untuk kategori tingkat kesukaan tertinggi, Anies mengungguli kepala daerah lainnya seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Meski sebagian responden menilai Anies juga punya kekurangan yaitu kurang tegas (7,5%). 

“Anies adalah kepala daerah yang mendapatkan tingkat kesukaan tertinggi, mengungguli Ridwan Kamil, Tri Rismaharini, dan Khofifah Indar Parawansa. Anies Baswedan dianggap berprestasi karena menurut responden telah memimpin dengan baik (6,5%)," jelasnya. (Wartaekonomi.co.id)

Share:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar