Terkait Tagihan yang Membengkak, Ini Penjelasan bright PLN Batam

Terkait Tagihan yang Membengkak, Ini Penjelasan bright PLN Batam
Istimewa
BATAM (KEPRI) - Beritabatam.com | Pemerintah menerapkan social distancing, physical distancing serta pengurangan aktivitas di luar rumah untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19.

Hal tersebut juga terjadi pada bright PLN Batam. Sistem pencatatan meteran yang selama ini dilakukan diubah dengan mengirimkan foto ke nomor whatsapp yang telah disediakan Bright PLN Batam.

Namun dalam pembayaran Maret 2020 yang dilakukan pada April 2020 ini, banyak pelanggan Bright PLN Batam yang mengeluhkan selisih dari foto yang dikirim via whatsApp dengan tagihan yang diberikan saat pembayaran.

Selisih di nomor kWh meter bisa mencapai puluhan angka sehingga pembayaran membengkak dari biasanya.

Corporate Secretary Bright PLN Batam Denny Hendri Wijaya melalui Manejer Area Bright PLN Batam wilayah Batam Center, Benny Eka Putra menjelaskan bahwa pihaknya pada akhir Maret 2020 tepatnya tanggal 28 Maret 2020 sampai 29 Maret 2020 pukul 00:00 WIB membuka layanan pencatatan mandiri menggunakan WhatsApp.

“Untuk masyarakat yang tidak mengirimkan, kita lakukan penghitungan rata-rata pemakaian pelanggan 3 bulan terakhir, hasilnya secara hitungan matematika tidak akan jauh berbeda dengan realnya,” ujar Benny.

Lanjut Benny, usai mendapatkan entry data foto dari pelanggan pihaknya melakukan pemeriksaan dan verifikasi data tersebut.

Diakuinya data yang dikirim pelanggan tidak semuanya bisa diproses dikarenakan foto angka stand meteran yang dikirim ada sebagian yang kabur sehingga dilakukan perhitungan matematis seperti yang dijelaskan sebelumnya.

“Namun sudah lewat dari dari batas waktu yang ditentukan yaitu tanggal 29 Maret 2020 pukul 00:00 WIB. Tidak kami gunakan dan verifikasi karena harus segera melakukan billing agar tagihan rekening pelanggan segera terbit,” ujarnya.

Sedangkan untuk selisih pembayaran, kata Benny pelanggan bright PLN Batam tidak perlu khawatir atas hal tersebut.

“Pelanggan tidak usah khawatir karena kelebihan tagih akan jadi “stand tunggu” pada periode bulan berikutnya (April 2020 ini) sehingga tagihan akan lebih kecil karena sudah lebih bayar di bulan ini,” ujarnya.

Sedangkan untuk yang kurang tagihan dari yang harusnya dibayarkan akan ditagihkan ke tagihan April 2020 yang dibayarkan pada Mei 2020 sesuai stand meter yang akan dibaca real.

Benny mengatakan jika pelanggan masih merasa ragu bisa menghubungi contact center 0778 123, menyampaikan angka stand pada hari yang bersangkutan, atau datang ke customer service kantor area terdekat dengan membawa foto saat itu dan bright PLN Batam akan melakukan koreksi sebelum pelanggan membayar. (MK
Share:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar