Ini Penjelasan Airlangga Terkait Bantuan buat Pegawai Bergaji di Bawah Rp 5 Juta



Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
JAKARTA -  Beritabatam.com | Pemerintah saat ini sedang menggodok kebijakan stimulus baru untuk menekan dampak virus Corona COVID-19. Salah satunya bantuan untuk pegawai bergaji di bawah Rp 5 juta.

Menanggapi hal tersebut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan saat ini memang pemerintah sedang menyiapkan insentif untuk modal kerja bagi 12 juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Seluruh skemanya sedang difinalisasi, termasuk support atau bantuan bagi para pekerja.

"Support untuk mereka yang bekerja sedang dimatangkan datanya, sedang disiapkan baik dari BPJS Ketenagakerjaan. Kalau data sudah by name, by address serta by rekening sudah ketemu baru program ini difinalkan," kata dia dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8/2020). 

Airlangga menjawab pertanyaan terkait insentif untuk sektor swasta yang bergaji di bawah Rp 5 juta.

Dia mengungkapkan untuk para pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak 2,1 juta (berdasarkan data Kemenaker) akan dibantu melalui program Kartu Pra Kerja lebih dulu. 

"Untuk tahap kedua masuk program lanjutan," imbuh dia.

Sebelumnya Menurut sumber detikcom, kebijakan itu telah dibahas pada rapat terbatas tentang Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Kepresidenan.

Sumber tersebut menghembuskan pemerintah akan memberikan bantuan kepada seluruh pegawai yang gajinya di bawah Rp 5 juta. Bantuannya mencapai Rp 600 ribu per bulan selama 5 bulan. (Detik.com)

Share:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar