Kapos-KPPP Pelabuhan Telaga Punggur Aiptu Hadi Basthian: " Kami Maksimalkan Pengamanan di Pelabuhan ASDP Telaga Punggur"

Aiptu Hadi Basthian Kapos KP3- pelabuhan ASDP telaga punggur-batam.
Aiptu Hadi Basthian Kapos KP3- pelabuhan ASDP telaga punggur-batam.
BATAM - Beritabatam.com | Kami akan selalu melakukan pengamanan yang maksimal di Pelabuhan ASDP Telaga Punggur.Agar memberi kenyaman bagi pengguna jasa tersebut untuk berkatifitas disini.

Banyaknya kegiatan dimana hilir mudik kendaraan di kawasan pelabuhan PT.Angkutan Sungai,Danau dan Penyeberangan (ASDP) ini tak bisa dianggap remeh.Oleh sebab itu kami tak main-main,jika salah jalan kami tindak.

Demikian kata Kapos KP3 Pelabuhan ASDP Telaga Punggur Batam dalam perbincangan hangat dengan BeritaBatam.Com di ruang kerjanya Rabu (02/08/2020).

Anggota KP3 pelabuhan ASDP telaga Punggur saat melakukan periksaan.
"Kini kegiatan yang bergerak dalam jasa angkutan penyeberangan dan pengelolaan pelabuhan penyeberangan penumpang,kendaraan dan barang sekarang ini dapat dikatakan lancar. Dimana sebelumnya sempat sepi akibat pandemic Covid-19,kata pria yang ramah dengan media ini.

"Sebelumnya, banyak pihak menduga akses tranportasi publik antar pulau ini,Roll On-Roll Off (Ro-Ro) kerap kali digunakan para pengusaha nakal untuk melakukan kegiatan illegal  (penyeludupan)   kini asumsi itu tidak ada lagi," kata Hadi.

Pengamatan media ini memang terlihat positif.Karena pemeriksaan rutin KP3,membuat para penyeludup ketar-ketir.

Pemeriksaan rutin per item kenderaan dan orang yang masuk hilir-mudik,kini membuahkan hasil.Karena calon pelaku pelanggaran menahan keinginan untuk mencari keuntungan pribadi. 

Anggota KP3 pelabuhan ASDP telaga Punggur saat melakukan periksaan.
Contohnya, kendaraan lori atau pick-up, yang akan melakukan ekspedisi (pengiriman barang) yang akan keluar dan masuk Pelabuhan ASDP Telaga Punggur B atam ini,harus hati-hati, agar tidak berbuat pidana curang.

Jika sudah dilakukan seperti itu,jelas akan mempersempit jalur peredaran barang-barang illegal.

Sejumlah yang kerap dicurigai misalnya ; narkoba,miras dan rokok non cukai,demikian pengamatan media ini.

Dalam pertemuan yang dikemas audensi media ini,tampaknya Hadi bersama pihak terkait yang bertugas di wilayah pelabuhan ASDP Telaga Punggur-Batam ini, secara terus-menerus berupaya menindak kegiatan ilegal tersebut agar kawasan pelabuhan ini benar-benar bersih dari aktifitas illegal.

Pada bagian lain, di tempat terpisah, Pengamat Ekonomi Sosial di Batam LC- Manroe ST, sangat mendukung apa yang dilakukan oleh pihak KP3 Telaga Punggur ini.

Tim kerja KP3 Punggur ini, sangta tepat dan dapat reward kita patut diacungi jempol. "Tindakan pemeriksaan rutin keluar masuk barang tersebut,membuat semua lebih waspada dan yang melakukan ekspedisi secara formal akan lega,"ujarnya.

Dalam hal ini,pengguna jasa pengirim barang melalui tranportasi ekspedisi tidak perlu dicurigai dan didikte melakukan penyeludupan,kata Manroe.

Jadi sekarang, dimana selama ini kendaraan lori maupun pick-up sering dicurigai membawa barang illegal,padahal sudah mentaati peraturan mengenai barang bawaan ke instansi terkait dalam hal ini Bea Cukai, tak perlu dicurigai lagi, sebut Manroe.

Lebih jauh kata Manroe,jelas membuat para pengusaha nakal berpikir dua kali untuk melakukan aktipitas illegal, pungkas Manroe. (Ria)
Share:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar