Danrem 033 Wira Pratama Minta MUKI Aktif Merawat Keharmonisan Antar Umat

Danrem 033 Wira Pratama Minta MUKI Aktif Merawat Keharmonisan Antar Umat
Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama, Brigadir Jenderal TNI Harnoto, saat berkunjung ke Kodim-0316/Batam bersama pengurus MUKI Kepri, di Batam, Senin (9/11/2020). (Foto: Hms Danrem 033/Wira Pratama/Beritabatam.com)

BATAM (KEPRI) - BERITABATAM.COM | Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama, Brigadir Jenderal TNI Harnoto meminta Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) Kepulauan Riau (Kepri) aktif menjaga dan merawat keharmonias antar umat beragama di wilayah Kepri.

Menciptakan suasana tenang di masyarakat merupakan kewajiban setiap pemimpin dalam menghadapi era keterbukaan informasi.

''Apalagi di wilayah perbatasan seperti Kepri, semua pihak mesti menjaga keharmonisan yang sudah terjalin di tengah masyarakat. Tidak ada yang harus dibesar-besarkan, apalagi sampai menimbulkan kekhawatiran. Jangan mau terbawa isu yang diciptakan pihak-pihak tertentu yang hanya mengangkat bertujuan menciptakan sensasi,'' kata Brigjen TNI Harnoto saat di Kodim-0316/Batam bersama pengurus MUKI Kepri, di Batam, Senin (9/11/2020).

Menurut Harnoto, keamanan di wilayah Kepri saat ini sangat kondusif, dan keharmonisan terjaga dengan baik. Situasi itu mendukung pada upaya pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

''Kita semua, perlu berupaya dan bekerja keras mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19, itu saja. Isu lain tidak ada, apalagi hanya sensasi, jangan buang-buang energi untuk membahas hal itu,'' kata Harnoto.

Baca juga: LaNyalla Mattalitti Ucapkan Selamat Untuk Joe Biden Dan Kamala Harris

Brigjen TNI Harnoto yang baru saja 7 bulan bertugas di Kepulauan Riau, mengaku di wilayah perbatasan dengan sejumlah negara tetangga ini, mengaku telah terjaga kemajemukan serta kerukunan antar umat dan golongan. 

"Memang, kerukunan antar umat beragama tidak muncul secara tiba-tiba. Hal itu merupakan hasil dari kesadaran bersama bahwa perpecahan dan egoisme golongan akan menghalangi pertumbuhan di bidang lain, terutama ekonomi dan industri,'' paparnya.

MUKI sebaga organisasi kemasyarakatan, menurutnya, perlu berperan aktif untuk mengembangkan keharmonisan antar umat, serta turut berpartisipasi dalam misi organisasi.

''Ayo, kita semua bersama-sama memikirkan bagaimana supaya umat sejahtera dan saling bergotong-royong untuk meningkatkan daya saing, menghadap era industri digital saat ini,'' ujarnya.

Pertemuan antara pengurus MUKI Kepri digagas oleh Ketua DPW MUKI Kepri Dr Johannes Tarigan SSi MAIE dan disambut baik oleh Korem 033/Wira Pratama. ''Pertemuan dengan Komandan Korem ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi, serta menjajaki kemungkinan diadakannya aktivitas sosial yang bertujuan meningkatkan partisimasi masyarakat, dalam hal ini, umat Kristen,'' papar Johannes Tarigan.

MUKI Kepri, kata Johannes Tarigan, saat ini sedang membenahi organisasi dan giat menjalin hubungan dengan berbagai instansi, guna memperkuat fungsi sebagai ormas keumatan.

''Pertemuan dengan Danrem ini, sangat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman pengurus MUKI Kepri terhadap pengelolaan teritorial yang dilakukan oleh jajaran Korem 033 Wira Pratama di Kepulauan Riau. Sangat mencerahkan bagi kami,'' kata Johannes.

Sebagaimana dijelaskan dalam berbagai kesempatan, MUKI hadir untuk memberi dukungan positif bagi partisipasi umat Kristen dalam berbagai segi kehidupan kemasyarakatan.

"Dalam beberapa kali kesempatan, saya selalu menekankan, agar rekan-rekan di MUKI dapat meningkatkan kapasitas guna menunjukkan kepada semua pihak, bahwa lembaga ini adalah lembaga yang melayani untuk menjadi perekat keharmonisan,'' tegas Johannes.

Dalam pertemuan dengan Danrem 033/Wira Pratama, Johannes didampingi Sekretaris Sukenty Parapat, Wakil Ketua Yusak Hentrias, dan Bendahara Parasian Simanungkalit. Sementara Brigjen TNI Harnoto didampingi Kasi Intel Rem 033/WP Kolonel TNI Firalta Tarigan, serta Dandim 0316 Batam, Letkol KAV Sigit Dharma Wiryawan. (***)

Lihat juga:
Stanley: Dewan Pers Hanya Tangani Laporan Bagi Media yang Terdaftar, Ini Tanggapan Sekjen JMSI
Danrem 031/Wirabima Ajak Masyarakat Terapkan 4M
Di Pantai Bale-bale, Istri Mendagri Tito Karnavian Akan Bagikan Masker
Residivis di Batam Ini Ditangkap Polisi Karena Terbukti Lakukan Asusila Pada Gadis Dibawah Umur
Heboh di Medsos, Istri Pria yang Diduga di Video Syur Mirip Gisel Buka Suara

Editor: Tonang

Share:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar