Menkes Budi Minta Rumah Sakit Tambah Kapasitas Kamar Pasien Covid-19

Menkes Budi Minta Rumah Sakit Tambah Kapasitas Kamar Pasien Covid-19

Jakarta-Beritabatam.com |Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin (BGS) meminta seluruh rumah sakit yang berada di bawah Kementerian Kesehatan menambah kapasitas kamar untuk pasien Covid-19. Hal ini dilakukan agar masyarakat yang terpapar Covid-19 bisa ditangani dengan baik.

Dia menyebut rumah sakit vertikal di bawah Kementerian Kesehatan rata-rata memiliki kapasitas tempat tidur mencapai 14.000. Namun yang digunakan untuk penanganan Covid-19 hanya 2.700 tempat tidur atau tidak sampai 20 persen.

Dia pun mengingatkan kepada seluruh rumah sakit, baik yang ada di kota maupun provinsi agar lebih banyak memberikan jatah tempat tidur kepada pasien Covid-19. Pihaknya juga akan berbicara dengan Asosiasi Rumah Sakit Swasta untuk melakukan hal yang sama, yakni memberikan prioritas kepada pasien Covid-19.

"Saya hari ini baru tanda tangan meminta agar semua rumah sakit vertikal di bawah Kementerian Kesehatan secara temporer karena ini ada lonjakan tinggi harus meningkatkan kapasitasnya dari sekitar 20 persen dan alokasi untuk pasien covid menjadi 30-40 persen," jelas dia.

Adapun dengan tambahan kapasitas ruangan mencapai 30-40 persen, setidaknya bisa menambah sekitar 1.400 tempat tidur untuk pasien Covid-19.

"Hitungan-hitungan kami itu bisa menambah 1.400 tempat tidur tanpa terlalu banyak bangun fasilitas baru, tanpa terlalu banyak merekrut dokter dan perawat baru hanya merelokasikan yang ada sekarang untuk bisa melayani covid menerima nasabah pasien covid dan mengobati mereka," jelas dia.

Sumber : merdeka.com
Share:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar