Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Bakal Tiba di Kabupaten Bengkalis Sebanyak 1.860

Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Bakal Tiba di Kabupaten Bengkalis Sebanyak 1.860
Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Bakal Tiba di Kabupaten Bengkalis Sebanyak 1.860

BENGKALIS - Beritabatam.com | Sebanyak 1.860 vaksin Covid-19 yang akan dikirimkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk Kabupaten Bengkalis. 

Vaksin yang tiba pada Senin, 11 Januari 2021 malam ini, bakal disimpan di Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dengan pengamanan yang ketat.

Dilansir dari bengkaliskab.go.id, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Bengkalis, Alwizar usai melaksanakan vidcon Pemprov bersama kabupaten/kota yang bertempat di Ruang Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis, prioritas penerima vaksin Covid-19, sesuai dengan keputusan Kementerian Kesehatan, yakni tenaga kesehatan, TNI, Polri, dan pelayan publik.

“Tahap pertama ini kita hanya dapat 1.860 vaksin, artinya hanya cukup untuk tenaga kesehatan, malah kurang untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Bengkalis. Karena rumah sakit dan Puskesmas di utamakan,” ujarnya.

Tahap kedua setelah tenaga kesehatan baru akan beranjak ke seluruh anggota TNI dan Polri, Penegak Hukum dan seluruh jajaran pelayanan publik, lanjutnya lagi.

“Untuk anak-anak kemungkinan pertengahan tahun 2022 karena vaksin yang ada saat ini untuk usia 15 tahun keatas. Belum ada vaksin yang ditemukan untuk anak usia 15 tahun kebawah,” lanjutnya.

Rencananya Jumlah 1.860 vaksin adalah untuk 2 kali penyuntikan dan akan dimulai pada 13 Januari 2021 setelah ada izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), penggunaan darurat/ Emergency Use Authorization (EUA) dan diharapkan selesai selama satu tahun.

Sementara itu, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan mengingatkan perlu adanya pemantauan yang ketat terhadap kedisiplinan penggunaan mesker meskipun telah ditemukan vaksinnya.

“Satgas Covid-19 mari aktif kembali. Kita bisa melaksanakan sidang di tempat operasi yustisi penggunaan masker. Bisa direncanakan sebulan sekali. Supaya kita bisa memberikan efek jera, bukan hanya di Bengkalis namun juga di Duri,” ajak Kapolres.

Mengenai sosialisasi di masyarkat, Kapolres mengajak secara bersama-sama Forkopimda melakukan penyampaian yang benar mengingat adanya penolakan, di sejumlah tempat.

Hadir dalam vidcon mengenai pembahasan vaksin ini Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis diwakili Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Hj Umi Kalsum, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bengkalis Nanik Kushartanti, Kepala BPBD Kabupaten Bengkalis Tajul Mudaris, Kepala Diskominfotik Bengkalis Johansyah Syafri, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Bengkalis, Alwizar. (*)
Share:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar